Home » , , » Fungsi dan Peran Bank Sentral

Fungsi dan Peran Bank Sentral

Written By Rifky Andriyanto on Jumat, 19 April 2013 | 01.14


  1. Pengertian Bank Sentral
Pada dasarnya, bila dilihat dari istilah atau namanya, bank sentral tidak dapat diartikan sebagai “bank” seperti pada bank umum. Dalam hal ini bank sentral memiliki konsepsi yang berbeda. Bank umum cenderung untuk berusaha menginvestasikan asetnya dengan tujuan memaksimumkan profit. Di sisi lain, bank sentral sebagai bank milik pemerintah, adalah lembaga keuangan yang tidak bertujuan untuk memaksimumkan profit melainkan untuk mencapai tujuan tertentu seperti mencegah kegagalan yang dialami perbankan maupun bukan bank, kestabilan tingkat harga, kesempatan kerja dan akhimya pada pertumbuhan ekonomi. Dengan kata lain, bank sentral bertugas untuk melaksanakan fungsi-fungsi pemerintah karena, bank sentral adalah juga bagian dari pemerintah.

  1. Perkembangan Bank Sentral
Berdasarkan sejarahnya, bank sentral bukanlah suatu lembaga yang sejak awal didirikan dengan tujuan untuk menjalankan fungsinya sebagai bank sentral. Sampai dengan awal abad ke-20 tidak ada konsepsi yang jelas mengenai central banking. Konsepsi tersebut baru terlihat kemudian setelah mengalami proses panjang dan hal tersebut bukan merupakan suatu proses yang sengaja diarahkan pada terbentuknya konsep central banking, sehingga tidak terdapat teknik yang sistematis dan konsisten ke arah terbentuknya bank sentral.
Di banyak negara yang lebih tua, perkembangan ke arah bank sentral tersebut dimulai dari adanya suatu bank yang secara bertahap, melaksanakan berbagai macam posisi, baik bersifat lembaga pemerintah, maupun non-pemerintah yang kemudian dikenal dengan nama bank sentral. Beberapa posisi atau wewenang yang dimiliki lembaga tersebut antara lain: hak untuk mengeluarkan uang (partial monopoly), dapat bertindak sebagai banker dan agen pemerintah.. Bank yang memiliki posisi tersebut dikenal sebagai “bank of issue” atau “national bank”. Dalam perkembangan selanjutnya, bank tersebut memperoleh kekuasaan yang lebih luas, sehingga muncul istilah: “central bank”.
Dari bank-bank sentral yang ada, the Riskbank of Sweden adalah yang pertama kali didirikan (yang tertua), tetapi Bank of England adalah bank of issue pertama yang memperoleh posisi sebagai bank sentral dan mangembangkan dasar-dasar “the art of central banking”. Dengan demikian sejarah Bank of England secara umum diterima sebagai gambaran evolusi dasar-dasar dan teknik central banking.
Pada tahun 1920 diselenggarakan International Financial Conference di Brussel. Hasil konferensi tersebut adalah menyetujui resolusi yang menghendaki agar negara-negara yang belum mendirikan bank sentral diharapkan secepatnya untuk mendirikan bank sentral. Di samping untuk membantu pemulihan dan pemeliharaan stabilitas sistim moneter dan perbankan tetapi juga untuk kepentingan kerjasama dunia. Dimulai dengan berdirinya South African Reserve Bank di tahun 1921, bank-bank sentral didirikan di negara-negara yang sudah merdeka dan di negara-negara yang baru merdeka.2

  1. Neraca Bank Sentral
Kegiatan bank sentral di dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan moneter tercermin pada bentuk umum neraca yang disusun. Secara singkat pos-pos atau rekening utama pada neraca bank sentral adalah sebagai berikut :
  1. Kekayaan (Assets)
  1. Cadangan, yang meliputi :
  • Sertifikat Emas
  • Special Drawing Rights (SDR)
  • Valuta Asing
  1. Pinjaman yang diberikan (loans), terutama kepada bank umum.
  2. Surat berharga (sebagian besar adalah surat berharga milik pemerintah).
  3. Kekayaan lain-lain, dapat berupa tanah, gedung atau peralatan-peralatan,
  1. Hutang (Liabilities)
  1. Uang kertas
  2. Deposito, yang merupakan bagian terbesar adalah deposito bank umum.
  3. Surplus diperoleh dari : bunga surat berharga yang ditahan, bunga pinjaman yang diberikan dan dari kegiatan lain.
  4. Lain-lain (misalnya: pengeluaran yang belum dibayar).
Dari uraian di atas jelas tampak bahwa pada dasarnya kekayaan bank sentral diperoleh dengan menciptakan hutang terhadap dirinya sendiri. Seperti pada contoh pembelian surat berharga, kekayaan yang berupa surat berharga ini dapat diperoleh dengan menciptakan hutang berupa deposito bank umum.

  1. Fungsi dan Peran Bank Sentral Secara Umum
Bank Sentral adalah bank yang merupakan pusat struktur moneter dan perbankan di negara yang bersangkutan dan yang melaksanakan (sejauh dapat dilaksanakan dan untuk kepentingan ekonomi nasional) fungsi-fungsi sebagai berikut:
  1. Memperlancar lalu lintas pembayaran
    1. menciptakan uang kartal
    2. menyelenggarakan kliring antar bank umum.
  2. Sebagai bankir, agen dan penasehat pemerintah.
    1. Bank Sentral sebagai bankir :
      1. memelihara rekening pemerintah
      2. memberikan pinjaman sementara
      3. memberikan pinjaman khusus
      4. melaksanakan transaksi yang menyangkut jual beli valuta asing (valas)
      5. menerima pembayaran pajak
      6. membantu pembayaran pemerintah dari pusat ke daerah,
      7. membantu pengedaran surat berharga pemerintah
      8. mengumpulkan dan menganalisis data ekonomi
    2. Bank sentral sebagai agen dan penasehat pemerintah :
      1. mengadministrasi dan mengelola hutang nasional
      2. memberikan jasa pembayaran bunga atas hutang
      3. memberikan saran dan informasi mengenai keadaan pasar uang dan modal.
  3. Memelihara cadangan/cash reserve bank umum
  4. Memelihara cadangan devisa negara:
    1. internal reserve, untuk keperluan jumlah uang beredarb. eksternal reserve, untuk alat pernbayaran internasional
    2. Sebagai bankers bank dan lender of last resort,
  5. Mengawasi kredit
  6. Mengawasi bank (bank supervision):
    1. Prudential Supervision: pengawasan bank yang diarahkan agar individual bank dapat dijaga kelangsungan hidupnya sehingga kepentingan masyarakat dapat dilindungi.
    2. Monetary Supervision: menjaga nilai mata uang negara yang bersangkutan sehingga bank tersebut dapat menjadi penyangga kebijakan moneter maupun kebijakan ekonomi pemerintah lainnya.

  1. Fungsi dan Peran Bank Sentral di Berbagai Negara

  1. Bank Sentral Amerika Serikat (Federal Reserve System)
Motivasi utama untuk menciptakan Federal Reserve System adalah untuk mengatasi kepanikan perbankan. Tujuan lain dinyatakan dalam UU Federal Reserve, seperti "untuk memberikan mata uang elastis, untuk membeli sarana rediscounting surat berharga, untuk membangun lebih efektif pengawasan perbankan di Amerika Serikat, dan untuk tujuan lain ”Sebelum berdirinya federal Reserve System., Amerika Serikat mengalami beberapa krisis keuangan. Sebuah krisis sangat parah pada tahun 1907 dipimpin Kongres untuk memberlakukan Reserve Act federal pada tahun 1913. Sekarang Federal Reserve System memiliki tanggung jawab di samping untuk menjamin stabilitas sistem keuangan.
Fungsi dari Federal Reserve System saat ini meliputi:
  1. Untuk mengatasi masalah perbankan
  2. Bertindak sebagai bank sentral untuk Amerika Serikat
  3. Untuk mencapai keseimbangan antara kepentingan pribadi dan tanggung jawab bank sentral pemerintah.
  4. Untuk mengawasi dan mengatur lembaga perbankan
  5. Untuk melindungi hak-hak kredit konsumen
  6. Untuk mengelola pasokan uang bangsa melalui kebijakan moneter untuk mencapai tujuan yang kadang bertentangan dengan stabilnya harga, termasuk pencegahan inflasi atau deflasi moderat jangka panjang suku bunga.
  7. Untuk menjaga stabilitas sistem keuangan dan mengandung risiko sistemik dalam pasar keuangan
  8. Untuk memberikan layanan keuangan kepada lembaga penyimpanan, pemerintah AS, dan lembaga-lembaga resmi asing, termasuk memainkan peran utama dalam operasi sistem pembayaran nasional
  9. Untuk memfasilitasi pertukaran pembayaran antar daerah
  10. Untuk merespon kebutuhan likuiditas lokal
  11. Untuk memperkuat posisi AS dalam perekonomian dunia

  1. Bank Sentral Malaysia
Di antara peran utama Bank Sentral Malaysia adalah pelaku kebijakan moneter, yang telah melihat inflasi yang umumnya rendah dan stabil selama beberapa dekade dan dengan demikian, menjaga daya beli ringgit. Bank juga bertanggung jawab untuk membawa tentang stabilitas sistem keuangan dan mendorong sektor keuangan yang sehat dan progresif. Saat ini sudah ada di tempat sektor keuangan terdiversifikasi dengan baik, komprehensif dan tangguh, yang mampu memenuhi kebutuhan yang semakin canggih dari konsumen dan bisnis, dan yang telah menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi.
Bank juga memainkan peran perkembangan yang signifikan, termasuk pembangunan infrastruktur sistem keuangan dengan penekanan utama ditempatkan pada membangun sistem pembayaran yang efisien dan aman bangsa serta lembaga-lembaga yang diperlukan (termasuk Securities Commission, JKSE, sekarang dikenal sebagai Bursa Malaysia dan Kredit Penjaminan) penting untuk membangun sistem keuangan yang komprehensif, kuat dan tangguh.
Bank secara aktif mempromosikan inklusi keuangan, yang telah menyebabkan peningkatan akses ke layanan keuangan untuk semua sektor ekonomi dan segmen masyarakat, sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi yang seimbang.
Peran penting lainnya dari Bank yang menjadi bankir dan penasihat Pemerintah, memainkan peran aktif dalam memberikan saran tentang kebijakan makroekonomi dan mengelola utang publik. Itu juga merupakan otoritas tunggal dalam menerbitkan nilai mata serta mengelola cadangan devisa negara itu.
Bank Negara Malaysia, sebagai Bank Sentral, berkomitmen untuk keunggulan dalam mempromosikan stabilitas moneter dan sistem keuangan dan mendorong sektor keuangan yang sehat dan progresif, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan untuk kepentingan bangsa.
Hal ini akan dicapai melalui:
  1. Mempromosikan budaya kerja yang menekankan standar tertinggi dari profesionalisme dan integritas, kehati-hatian, kerja tim dan inovasi;
  2. Mengembangkan dan mempertahankan tenaga kerja berkomitmen yang sangat kompeten dan proaktif, peka terhadap perubahan kebutuhan industri;
  3. Mengadopsi pendekatan kolaboratif dalam segala sesuatu yang kita lakukan;
  4. Mempromosikan penggunaan teknologi yang efektif dan praktek kerja yang baik untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan kualitas;
  5. Mengadopsi kebijakan dan praktek untuk meningkatkan daya saing lembaga keuangan lokal untuk menghadapi kompetisi internasional, dan
  6. Memiliki sumber daya keuangan yang diperlukan dan instrumen keuangan untuk secara efektif mengelola stabilitas moneter.

  1. Bank Sentral Singapura
Sebelum tahun 1970, berbagai fungsi moneter terkait dengan bank sentral yang dilakukan oleh departemen pemerintah beberapa badan. Seperti Singapura berkembang, tuntutan dari perbankan yang semakin kompleks dan lingkungan moneter mengharuskan perampingan fungsi untuk memfasilitasi pengembangan kebijakan yang lebih dinamis dan koheren pada masalah moneter. Oleh karena itu pada tahun 1970, Parlemen melewati Otoritas Moneter Singapura UU yang mengarah pada pembentukan MAS pada tanggal 1 Januari 1971. Pengesahan UU MAS MAS memberi kewenangan untuk mengatur sektor jasa keuangan di Singapura.
MAS telah diberi kewenangan untuk bertindak sebagai bankir dan agen keuangan pemerintah. Ini juga telah dipercayakan untuk mempromosikan stabilitas moneter, dan kredit dan kebijakan nilai tukar yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi.
Pada bulan April 1977, Pemerintah memutuskan untuk membawa pengaturan industri asuransi di bawah sayap MAS. Fungsi regulasi di bawah Industri Securities Act (1973) juga dipindahkan ke MAS pada bulan September 1984.
MAS sekarang mengelola berbagai undang-undang yang berkaitan dengan uang, perbankan, asuransi, sekuritas dan sektor keuangan secara umum. Setelah merger dengan Dewan Komisaris Mata Uang pada tanggal 1 Oktober 2002, MAS juga telah diasumsikan mempunyai fungsi penerbitan mata uang. Peran MAS diantaranya adalah:
  1. Untuk bertindak sebagai bank sentral Singapura, termasuk pelaksanaan kebijakan moneter, penerbitan mata uang, pengawasan sistem pembayaran dan melayani sebagai bankir dan agen keuangan Pemerintah
  2. Untuk melakukan pengawasan terpadu jasa keuangan dan pengawasan stabilitas keuangan
  3. Untuk mengelola cadangan devisa resmi Singapura
  4. Untuk mengembangkan Singapura sebagai pusat keuangan internasional

  1. Bank Sentral Sudan
Di masa lalu, beberapa fungsi dari Bank Sentral Sudan dibagi antara Departemen Keuangan, Dewan Mata Uang Sudan dan Bank Nasional Mesir. Departemen Keuangan dipertahankan bagian dari devisa resmi saldo melalui dua rekening, satu di USD dan lainnya dalam Pounds Sterling yang dikelola masing-masing oleh Bank Nasional Mesir dan Barclays Bank DCO Seperti kepada Dewan Mata Uang yang digunakan untuk melakukan tugas menerbitkan dan mengelola mata uang dan untuk menjaga bagian dari neraca negara dalam mata uang asing sebagai penutup ke mata uang nasional.
Cabang Bank Nasional Mesir yang digunakan untuk mengelola kegiatan perbankan dari pemerintah selain pemakaian peran utamanya sebagai bank bank umum (bank dari bank) pada waktu yang sama. Selama periode ini, mata uang Mesir dan Inggris yang berlaku sampai mata uang nasional pertama dikeluarkan.
Setelah kemerdekaan Sudan, kebutuhan untuk memiliki Bank Sentral untuk menggantikan badan yang ada dan untuk menjalankan fungsinya untuk mengatur proses penerbitan mata uang nasional, merumuskan dan mengarahkan kebijakan moneter dan keuangan untuk melayani berbagai sektor ekonomi, membangun sistem perbankan yang kuat, efektif dan efisien yang memenuhi kebutuhan pembangunan negara, memelihara rekening pemerintah, bertindak sebagai penasihat bagi pemerintah untuk urusan keuangan dan menyediakan mata uang asing untuk proyek-proyek pembangunan yang diadopsi oleh pemerintah pada waktu itu. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, sebuah komite dari tiga ahli dari Amerika Serikat Federal Reserve dibentuk pada bulan Desember 1956. Para ahli adalah:
  • Oliver Weale, Wakil ketua Federal Reserve Bank of Francisco sebagai presiden,
  • Alan R. holmes dari Federal Reserve Bank of New York sebagai anggota.
  • Andrew F.Primer dari Federal Reserve Bank of New York sebagai anggota.
Komite diminta untuk melakukan studi tentang kemungkinan mendirikan sebuah Bank Sentral di Sudan. Ini menyampaikan laporan pada bulan Maret 1957. Hal ini diikuti dengan penerbitan Bank of Sudan Act of 1959. Bank dibuka untuk bisnis pada tanggal 22 Februari 1960.
Undang-undang tersebut ditetapkan bahwa Bank of Sudan akan memiliki kepribadian perusahaan independen, kepribadian hukum dan suksesi abadi dan segel umum dan dapat mengajukan perkara atas namanya sendiri sebagai tergugat penggugat. Setelah pembentukan Bank of Sudan, pejabat Sudan ditunjuk untuk menggantikan pejabat Mesir, sementara staf junior yang digunakan untuk bekerja untuk Bank Nasional Mesir dipertahankan. Gubernur pertama Bank of Sudan adalah Mulia / Behairy Mamoun.
Visi Bank Sentral Sudan:
Untuk menjadi salah satu dari bank sentral terkemuka di tingkat regional dan internasional dalam menjaga stabilitas keuangan dan moneter sedemikian rupa dapat berkontribusi pada realisasi pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan memperkuat kepercayaan internasional kredibilitas perbankan kita.
Misi Bank Sentral Sudan:
Untuk menjaga stabilitas moneter dan keuangan di bawah dual banking system yang konsisten dengan volume kegiatan ekonomi di Sudan dan untuk mewujudkan lingkungan investasi yang menarik bersama-sama dengan kesehatan mengamankan dan kekuatan sistem perbankan dengan mengadopsi kebijakan keuangan dan moneter yang efektif dan mengerahkan upaya yang diperlukan untuk menyebarluaskan pengetahuan keuangan dan perbankan.
Tanggung Jawab Bank Sentral Sudan:
  1. Untuk memastikan stabilitas harga, menjaga stabilitas nilai tukar tingkat dan efisiensi dari sistem perbankan dan untuk mengeluarkan mata uang dalam berbagai denominasi dan mengatur, mengontrol dan mengawasi yang sama;
  2. Untuk merumuskan dan melaksanakan kebijakan moneter tergantung di tempat pertama pada mekanisme pasar sedemikian rupa dapat mencapai tujuan nasional ekonomi makro nasional, dalam konsultasi dan koordinasi dengan menteri terkait tersebut;
  3. Untuk mengatur, memantau dan mengawasi bisnis perbankan dan untuk bekerja ke arah mempromosikan, mengembangkan dan meningkatkan efisiensi sedemikian rupa sehingga mencapai pembangunan ekonomi dan sosial yang seimbang;
  4. Untuk bertindak sebagai bank pemerintah, serta penasehat, dalam urusan moneter dan keuangan.
  5. Untuk tinggal di dalam pelaksanaan tugas, pencapaian tujuan, pelaksanaan dan pengawasan kekuasaan dan kontrol atas sistem perbankan ganda, dengan tata cara syariat Islam dan adat istiadat perbankan konvensional.

Share this article :

7 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Sudahkah Anda mendapat pinjaman dari bank
    Atau ada beberapa lembaga keuangan yang menolak permintaan Anda untuk satu atau lebih alasan ?.

    KAMI MENAWARKAN SEMUA JENIS PINJAMAN DARI:
    - Pinjaman usaha,
    - Pinjaman modal,
    - Pinjaman real estat,
    - Pinjaman pribadi,
    - Pinjaman mahasiswa,
    - Pinjaman pertanian
    Dan lebih dalam berinvestasi dengan investor yang baik ... Kami menawarkan pinjaman
    untuk perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah 2%. Anda berada di sebelah kanan
    tempat untuk mendapatkan pinjaman Anda

    Hubungi kami hari ini dan dapatkan masalah keuangan Anda!

    Email: MARGARETPEDROLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    Dapatkan masalah keuangan Anda dipecahkan di sini ...

    BalasHapus
  3. Sadar lah kawan perbankan itu hanya ilusi pembobrokan ekonomi untuk kedepan.

    BalasHapus
  4. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  5. NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
    NEGARA: INDONESIA
    CITY: BATU MALANG JATIM
    PINJAMAN PINJAMAN: Rp350.000.000,00
    EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com

    Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Tuhan atas karunia kehidupan.
    Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita yang bagus tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorite, perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya berputar.
    Saya telah mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima pembayaran saya.
    Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
    Tetapi kompilasi saya mengira hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya berusaha untuk pergi, sekarang ALLAH menggunakan teman dan tetangga saya Rini anggraeni yang membantu saya menghubungi MOTHER KARINA yang mengatakan bahwa seorang teman dari Indonesia menghubungkannya dengan MOTHER KARINA, jadi saya menceritakan kepada ibu cerita saya, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya tahu itu permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelum itu saya meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya sekarang bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga negara saya dapat memperoleh manfaat darinya, dengan harapan untuk meminjamkan pinjaman kepada yang banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui mengatakan ya harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman Rp350.000.000,00 yang saya minta. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata dan tulus di seluruh dunia, jadi jangan ragu untuk menghubungi MOTHER KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui email atau whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus berbagi kabar baik sehingga semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan yang baik yang mengubah hidup saya .
    Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND
    WHATSAPP ONLY: +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Jejak Rifky Andriyanto | Media Inspirasi dan Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger