Home » , » Teori-Teori Kebenaran Ilmiah

Teori-Teori Kebenaran Ilmiah

Written By Rifky Andriyanto on Kamis, 18 April 2013 | 20.13



TEORI-TEORI KEBENARAN ILMIAH :
1.Teori kebenaran korespondensi
Teori ini dikenal sebagai salah satu teori kebenaran tradisional atau teori yang paling tua. Dalam teori ini suatu pengetahuan mempunyai nilai benar apabila pengetahuan itu mempunyai saling kesesuaian dengan kenyataan yang diketahuinya.

2.Teori kebenaran  korehensi
Dalam teori ini dijelaskan bahwa kebenaran dari pengetahuan itu dapat diuji melalui kejadian-kejadian sejarah, atau juga pembuktian proposisi itu melalui hubungan logis jika pernyataan yang hendak di buktikan kebenarannya berkaitan dengan pernyataan-pernyataan logis atau matematis.

3.Teori kebenaran pragmatis
Pandangan teori ini bahwa suatu proposisi berniai benar bila proposisi itu mempunyai konsekuensi-konsekuensi praktis seperti yang terdapat secara inheren dalam pernyataan itu sendiri.

4.Teori kebenaran sintaksis
Dalam teori ini nilai suatu kebenaran memilki nilai benar bila pernyataan itu mengikuti aturan-aturan sintaksis yang baku.

5.Teori kebenaran semantis
Dalam teori di atas suatu pengetahuan akan memiliki nilai kebenaran sejauh pernyataan itu memilki fungsi yang amat praktis dalm kehidupan sehari-hari.

6.Teori kebenaran Non deskripsi
Dalam teori ini pengetahuan akan memilki nilai benar sejauh pernyataan itu memilki nilai benar sejauh pernyataan itu memilki fungsi yang amat praktis dalam kehidupan sehari-hari.

7.Teori kebenaran Logik yang berlebihan
Dalam Teiori ini pada dasarnya apa pernyataan yang hendak dibuktikan kebenarannya memiliki derajat logik yang sama yang masing-masing saling melingkupinya.
Share this article :

1 komentar:

  1. Slots - Gaming - DrmCD
    Slots. 익산 출장샵 The new Slots.lv 광주광역 출장샵 Casino game includes over 100 different slots that 삼척 출장마사지 can 안양 출장안마 be played 김제 출장마사지 at slots.lv online. Play now! See more.

    BalasHapus



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Jejak Rifky Andriyanto | Media Inspirasi dan Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger