Home » , , » Berbagi Pengalaman Seleksi MDP PT.K24 Indonesia

Berbagi Pengalaman Seleksi MDP PT.K24 Indonesia

Written By Rifky Andriyanto on Jumat, 06 November 2015 | 23.36

Assalamualaikum.wr.wb

Semangat dan Sukses selalu untuk kita semua!!!

Ane mau berbagi cerita nih tentang seleksi MDP atau Management Development Program di PT.K24 Indonesia. MDP sendiri merupakan suatu program pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang dibuat dengan tujuan untuk mendukung divisi operasional (MDP Operation) dan franchise sales (MDP Sales) PT.K24 Indonesia. Dukungan tersebut adalah dalam hal pemenuhan kebutuhan akan tenaga Area Manager/AM dan Sales manager yang handal dan profesional. Berhubung ane masih fresh graduate dan ane kepingin banget masuk lewat jalur MDP ane cobain Apply disini.


Tahapan-tahapan Seleksi MDP PT.K24 Indonesia:

1. Screening CV
Tahapan awal ini mungkin bisa macem-macem ya gan, dari obrolan ane bareng temen-temen yang ngalamar MDP K24 ada yang masukin lewat job fair, lewat website lowongan kerja (jobstreet, jobs.id, dll) ataupun masukin lamaran langsung ke kantor pusatnya PT.K24. Kalau saya dulu sih applynya lewat jobstreet, trus beberapa hari kemudian ada sms untuk dateng ke k24 academy yang di jl.godean itu gan untuk interview awal dengan HRD tepatnya ditanggal 14 September 2015 jam 08.00WIB. Akhirnya ane dateng tuh sesuai jadwal yang dismsin. Bismillah yang penting optimis dulu ajalah, siapa tau rejekinya.. hehe

2. Tes awal dan Interview HRD
Wah kebetulan ane dateng paling awal sendiri nih, ya sebagai calon pelamar yang baik biasanya qan dateng 30menit sebelum jadwal ya udah ane putusin buat dateng lebih awal.dan satu persatu para pelamar lain yang di undang pada dateng juga. Setelah masuk kelas kita di jelasin tuh tentang company profile PT.K24 Indonesia dan jobdesk kita kedepan jikalau nantinya kita diterima melalui program MDP ini ya kisaran tentang kontrak kerja 4 tahun serta bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia. Singkat cerita setelah selesai cerita tentang company profile, kita disuruh isi form data diri dan sejenis psikotes awal. Setelah selesai isi form dan tesnya maka giliran nunggu dipanggil satu-satu untuk interview dengan HRD dan ane dapat kesempatan pertama, Percaya diri ajalah ane yakin bisa. Interview awal HRD berkisar tentang perkenalan diri, pengalaman oraganiasi ataupun pengalaman kerja jika ada, dan pertanyaan tentang udah punya pasangan hidup/pacar belum.. hehe. Dipenghujung interview ada tes hitungan, pertanyaannya bisa variasi dari diskon, margin ataupun omset perusahaan. keberuntungan anda gan siapa tau dapat soal yang mudah. Setelah selesai interview ane pulang dan sorenya ada sms masuk kalau ane dinyatakan lolos untuk seleksi awal HRD dan diundang untuk ikut Tes analisa angka dan hitungan. Alhamdulillah...

3. Tes Analisa Angka dan Hitungan
Dua  hari berselang tepatnya tanggal 16 September 2015, akhirnya dateng juga hari dimana ane ikutan tes analisa angka dan hitungan, wih ane mikir udah lama banget nih gak belajar hitung-hitungnya sempet nervous juga ane. tapi ya udah berdoa aja semoga bisa ngerjainnya. Ada macem-macem tes hitungannya gan hampir mirip kayak psikotes hitungan gethu dan seputar perhitungan omset perusahaan, jadi persiapin semaksimal mungkin untuk cepat dan tepat ngitungnya, jangan lupa berdoa dan sarapan dulu gan, soale tesnya kurang lebih 3 -4 jam. Alhamdulillah selesai juga ngerjainnya dan soal dan jawaban ditarik kembali, Pihak HRD mengumumkan silahkan menunggu informasi selanjutnya apabila lolos, seminggu berselang ada sms masuk kalau ane dinyatakan lolos tes analisa angka dan hitungan, selanjutnya akan dijadwalkan untuk interview panel dengan manager.


4. Interview Panel Manager
Tanggal 3 Oktober ane dijadwalin untuk Interview panel dengan manager, ane persiapin diri dulu ane dulu supaya gak gugup saat di interview nanti, setelah memasuki ruang kelas, ternyata masih ada tes hitungan lagi,waduh ane belum persiapan hitungan nih, ya udah ane kerjaian sebisa ane, setelah ngerjain soal hitungan, jawaban dan soal ditarik kembali oleh hrd ane dipanggil untuk interview panel dengan manager, waktu itu udah ada 3 orang manager yang ada di ruangan, Ternyata gak sekiller yang ane bayangin , beliau ramah-ramah malahan, pertanyaan hampir sama kayak interview HRD cuma disini lebih detail lagi, didalam dibahas juga soal yang udah kita kerjain di kelas tadi dan kita juga disuruh ngerjain soal hitungan lagi didalam ruangan, Untung jawaban ane bener jadi gak ditanya apa-apa lagi. setelah selesai interview panel ane disuruh nunggu sebentar di ruang tunggu dan hasilnya bakalan diumumin saat itu juga dan bersyukur ane lolos untuk ikut FGD.

5. FGD
FGD (Focuss Group Discussion) dijadwalkan tanggal 27 Oktober 2015, hampir sama kayak FGD ditempat-tempat lain, disini kita dihadapkan oleh kasus-kasus yang akan terjadi diperusahaan, nah kita suruh diskusiin tuh gimana penyelesainnya. Ada dua sesi untuk FGD ini, Sesi Individu dan Kelompok. Sesi Individu kita dituntut untuk pemecahkan kasus tersebut menurut diri kita dan hasilnya dipresentasikan kedepan. Sesi Kelompok kita diminta untuk menyelesaikan secara bersama dengan kelompok kita dan hasilnya juga dipresentasikan kedepan, bakal banyak tanya jawab disini, bukan hanya dari peserta melainkan dari para panelis/manager yang hadir juga diruangan tersebut untuk menilai, berhubung ane baru pertama ikutan FGD ini ane ga tau tips-tipsnya kayak gimana, modal ane cuma percaya diri aja walaupun pas presentasi ane juga sempet gugup, soale terakhir kali presentasi pas waktu kuliah/ sidang skripsi.. hehe. Akhirnya tahapan FGD ini selesai juga sekitar 4 jaman kita berdiskusi. Untuk yang lolos hasilnya akan diumukan melalui sms/telfon. Ane uda pasrah juga waktu itu, gapapalah buat pengalaman ane ikutan FGD. Dan ternyata keesokan harinya ane dihubungi dari HRD dinyatakan lolos untuk Psikotes dan interview dengan Psikolog

6.Psikotes
Tahap ini dijadwalkan tanggal 29 Oktober, tes dimulai sekitar pukul 07.30, tes ini bekerja sama dengan lembaga psikolog dari luar agar pihak HRD mendapatkan rekomendasi dari eksternal untuk menilai para calon MDP ini secara objektif. Tahapan tesnya hampir sama dengan psikotes pada umumnya, yang uda sering Psikotes pasti udah pahamlah. Nah ini juga pengalaman pertama ane ikutan psikotes, waduh ini ilmu dan pengalaman yang berharga bangetlah menurut ane. Ane gak mematok hasil harus lolos,, nothing to lose... Pokoknya ane harus berusaha semaksimal mungkin dulu aja, masalah hasil biar Tuhan yang menentukan, Setelah kurang lebih 4 jam, selesai juga psikotesnya kita istirahat makan siang dan shalat dhuhur. Selesai istirahat kita dipanggil satu persatu untuk interview dengan psikolog. Interview ini saya ngerasanya sama juga kayak interview-interview sebelumnya cuma mungkin dilihat dari sisi kepribadian kita dan kesiapan kita, yang penting mantep dan jelas aja ngomongnya, jangan terlihat ragu. Selesai interview kita langsung disuruh pulang dan hasilnya nanti akan diumunkan oleh HRD lewat sms/telfon. Beberapa hari setelahnya ada telfon masuk dan ternyata dari HRD K24 memberitahukan bahwasannya saya lolos dan diundang untuk interview tahap Finalisasi dengan Direktur Bp.Gideon Hartono. Alhamdulillah ane gak nyangka bisa sampai tahap ini,

7. Interview Finalisasi Direktur 
Tanggal 6 November jadi hari paling ane tunggu yaitu tahap finalisasi dari sekian rentetan tahap yang udah ane lalui sekitar 3 bulanan ini, kali ini berbeda lokasi dengan tes-tes sebelumnya, yang biasanya di K24 Academy, kali ini bertempat di Hi-Lab Diagnosis Center ini juga salah satu bisnis punyanya Bp.Gideon Hartono yag berada di selatan Stadion Kridosono. Undangan jam 7.30, ane datang lebih awal untuk mengantisipasi suatu hal. karena ane gak mau kesempatan yang terakhir ini ane gak maksmalin. Sesi awalnya belum langsung bertemu dengan direktur, melainkan kita dijelaskan terlebih dahulu tentang company proflie dan usaha-usaha yang masih satu payung dengan K24 dan kita juga dijelasin tentang kontrak kerja ketika kita bergabung dengan K24 lewat jalur MDP ini namun yang ini lebih detail pasal per pasal. Akhirnya tiba waktunya untuk tahap interview dengan direktur Bp.Gideon disitu juga ada beberapa manager juga. Sesi interview pun dimulai, setelah perkenalan diri barudeh dimulai beberapa pertanyaan, untuk pertanyaan bisa variatif ya gan, tergantung dari diri kita masing-masing yang penting yakin dan manteb aja. Ternyata seru juga interview dengan beliau, orangnya ramah, antusias dan gak setegang yang ane kira sebelumnya, Ane banyak mengambil pelajaran dari beliau, ya siapa tahu ketularan nantinya jadi pengusaha sukses juga. Setelah panjang lebar menjelaskan tentang berbagai hal selesai juga interview dengan Bp.Gideon. Ane disuruh nunggu diluar dan setelah itu dipanggil kembali dan dinyatakan LOLOS untuk bergabung menjadi MDP K-24 batch9 Alhamdulillahh...dan saat itu juga langsung ada tanda tangan kontrak persetujuan bahwasannya kita sanggup bergabung dengan K24.

Begitulah kiranya sharing ane tentang perjalanan ane ikutan seleksi MDP K-24 Batch 9, Doakan semoga ane dapat survive dan langgeng disini.. Amiin yaa rabbal Alamin.

Semangat dan Sukses selalu untuk kita semua!!!

Wassalamualaikum.wr.wb

Yogyakarta, 7 November 2015 
Share this article :

11 komentar:

  1. Hallo kak rifky, gimana kelanjutan pengalaman training di k24? Ditunggu nih pengalaman selanjutnya. Makasih

    BalasHapus
  2. Hai kak rifky , setelah hampir setahun training di k24 plus minusnya gimana ya kak? soalnya ini lg tahap akhir mau interview final dengan pak gideon. makasih kak

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Hai kak... Mau tanya kalo tes yang posisi keuangan itu gimana tahapan tesnya?
    Makasiih

    BalasHapus
  6. Hai kak... Mau tanya kalo tes yang posisi keuangan itu gimana tahapan tesnya?
    Makasiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbaa, mbaknya ada interview kah jadi keuangan? Gimana mbak kelanjutannya?

      Hapus
  7. Halo mas
    Stelah training gajinya berapa ya? Masih sama, lebih tinggi atau gak beda jauh? Soalnya mereka blum mau merincikan apa lgi ditambah tahan ijazah 4 tahun jadinya kita bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak, apakah kk jadi ikut program MDP? Pertanyaan yg sama untuk kk, setelah 1 tahun bekerja, gajinya berapa ya?

      Hapus
  8. yang ikut mdp batch 26, boleh ikut grup tele? https://t.me/+C98X_ebOX-E4ZWI1

    BalasHapus



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Jejak Rifky Andriyanto | Media Inspirasi dan Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger