Home » , » Bagaimana Agar Merasa Kaya?

Bagaimana Agar Merasa Kaya?

Written By Rifky Andriyanto on Senin, 14 Oktober 2013 | 02.40


Beberapa waktu yang lalu seseorang menawari saya nomor pelat mobil F 9 JA. Maknanya, kata dia, F karena saya tinggal di Bogor, 9 karena saya dilahirkan 9 Agustus dan JA adalah singkatan dari Jamil Azzaini.

Saya bertanya “Apa manfaat dari nomor itu?” Orang yang baru saya kenal itu menjawab, “Gengsi, pak. Prestise juga bisa, status sosial langsung naik kelas, pak.” Mendengar penjelasan lelaki itu saya langsung berkata, “Tidak.” Sebab, menurut saya, gengsi, prestise dan status sosial bukan dibangun dengan cara-cara seperti itu.

Hal yang sangat saya khawatirkan dalam hidup adalah sombong, merasa terhormat, dan merasa statusnya lebih tinggi dibandingkan dengan orang lain. Sementara disisi lain, saya menyadari bahwa keimanan dan mental saya belumlah kuat. Oleh karena itu, saya khawatir nomor pelat mobil spesial tadi mengundang penyakit-penyakit hati tersebut bersemayam dalam kehidupan saya.

Selain itu, saya tidak mau berproses menjadi miskin. Karena, penyebab miskin itu bukan hanya karena kita sulit mencari harta tetapi karena terlalu banyak keinginan dan kebutuhan baru yang kita ciptakan sendiri. Saya berharap keinginan dan kebutuhan hidup saya sederhana dan itu-itu saja sehingga tidak perlu menambah pengeluaran.

Dengan begitu, saya tetap bisa merasa kaya raya walau harta saya tidak sebanyak orang-orang terkaya di Indonesia. Merasa kaya itu penting agar kita menjadi orang yang bersyukur. Dan itu bisa terjadi bila kita tidak terbiasa menciptakan keinginan atau kebutuhan baru, apalagi jika hanya demi gengsi, prestise dan status sosial.

Orang yang punya rumah dan mobil mewah belum tentu merasa kaya apabila ia selalu menciptakan keinginan dan kebutuhan baru yang tidak penting. Sebaliknya, banyak orang yang merasa kaya padahal hartanya tidak seberapa. Mengapa? Karena, ia menjalani hidup dengan sederhana tetapi hati dan sikapnya dipenuhi dengan keberlimpahan untuk terus berbagi dan peduli. Ayo pilih mana? (Jamil Azzaini)

Salam SuksesMulia!

sumber: www.jamilazzaini.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Jejak Rifky Andriyanto | Media Inspirasi dan Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger